Indonesia Tak Hanya Jakarta

Sebuah siklus pertanyaan.

Kombinasi antara keributan kampanye pilkada Jakarta dan masalah sosialnya— terutama pengangguran — membuat seorang teman melempar pertanyaan klasik:

Apakah benar Jakarta satu-satunya tempat mencari makan(?)

Memang, secara kasat mata kesuksesan start-up seperti ojek online serta beberapa inovasi baru nampak mendongkrak tersedianya lapangan kerja, tetapi jika kita alihkan pandangan dari Ibukota, inti pertanyaan tadi adalah: Apa yang sedang terjadi di ribuan kota lain di luar Jakarta? Yang bukan ibukota provinsi, yang jarang meriah diberitakan media.

Apa yang kota-kota itu simpan (dan belum diusahakan)? Pariwisata, perdagangan, pertanian? Sudah habiskah lahan tanah untuk diusahakan? Diubah jadi hunian yang toh belakangan jarang dibeli akibat krisis ekonomi.
Sampai di sini pertanyaan teman saya tadi menyublim jadi kesadaran; bahwa barangkali yang kurang bukan soal potensi, melainkan pengetahuan.

Pengetahuan tentang pemasaran, tentang tata cara kelola sumber daya — baik alam, maupun manusia.

Sedangkan pada saat yang sama, para ahli pengetahuan banyak berkumpul di Ibukota. Berbicara di seminar-seminar mahal, menulis buku atau jurnal di koran, kemudian disewa pemerintah untuk menyusun program.

Program-program yang kemudian diturunkan pada kota-kota yang tidak paham. Kota-kota yang tidak mengerti mengapa mereka tak ditanyai sebelum membuat program.

Setelah program tak berjalan, kota kembali tidur. Nanti usai Lebaran sebagian tetap pilih pergi meng-urban.

Dan kita yang di Jakarta, yang duduk nyaman di kafe, mempertanyakan soal gusuran. Kita menggugat tentang ketidakadilan, meski jarang pertanyaan dan gugatan tersebut menghasilkan perubahan.

Saya jadi punya pertanyaan balik bagi teman saya:

Kapan kita turun ke jalan, ke kota tak bertuan? Yang pemerintah daerahnya sibuk bersolek di atas anggaran. Kapan kita ulurkan pengetahuan? Memberi yang kita mampu sebagai dukungan.

Karena Indonesia tidak hanya Jakarta. Kita tidak harus berada di Ibukota.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *